RSS

Teka-Teki Sholat Jum’at di Mekah (File Jawaban)

15 Jul

Previous Story “Teka-Teki Sholat Jum’at di Mekah (File Soal)”

Sebelum saya beberkan jawabanya, saya ingin kisahkan cerita dibalik teka-teki ini. Sekitar 6 tahun yang lalu saya baca cerita kasus ini disebuah majalah Islami. Yang gambar covernya suka serem-serem itu loh. Tau lah ya. Disalah satu rubriknya ada teka-teki ini yang dijadikan sebuah kuis. Majalahnya edisi lama, kuisnya juga sudah tidak berlaku. Kemudian saya menggunakan kemampuan analisis saya untuk memecahkan teka-teki ini. Saya simpan cerita dan jawaban yang saya yakini kebenarannya itu baik-baik di dalam memori. Suatu saat pasti akan berguna.

Non, Adam & Ivan sedang memberikan pengarahan di depan teman-teman sekelas

Saat menuggu dosen mata kuliah Olah Raga

Kira-kira 5 tahun yang lalu ketika menunggu dosen mata kuliah olahraga di stadion Bumi Siliwangi. Saya berinisiatif untuk mengisi kekosongan itu dengan SKSD bersama temen-temen sekelas. Saat itu belum booming yang namanya Standup Comedy. Bukan niat saya untuk melucu, tapi hanya menyalurkan jiwa narsis dan nampang yang begitu besar yang ada dalam diri saya. Sok-sok ngemsi dan memandu sebuah acara di hadapan teman-teman sekelas yang duduk berjajar di kursi berundak-undak stadion, saya memberikan tebakan-tebakan ringan atau dalam bahasa Sundanya Tatarucingan. Teman-teman lain yang punya tebak-tebakan juga ikut meramaikan acara ini. Sampai akhirnya permainan sedikit meningkat levelnya dari tebak-tebakan lucu sampai teka-teki agak serius dan perlu berpikir logis. Dan keluarlah “Teka-Teki Sholat Jum’at di Mekah” ini. Dengan tokoh dan jalan cerita yang agak berbeda dengan yang saya baca dari majalah dulu. Berhubung juga karena saya sudah sedikit lupa detail cerita versi aslinya. Tapi inti dari teka-tekinya tetap sama. Menit-demi menit berlalu, jawaban-jawaban beragam dari teman-teman terlontar. Tapi belum ada yang benar. Sampai Redi Widyawan mengemukakan jawabanya. Kemudian saya berseru “Tepat Sekali!”. O panjang pun terdengar dari sebagian teman-teman yang serius mendengarkan penjelasan dari Redi lalu diiringi tepukan tangan meriah karena teka-teki telah terpecahkan. 😀

Belum baca File Soal-nya? Sila cek disini.

Ini dia penjelasan lengkap saya dari “Teka-Teki Sholat Jum’at di Mekah”. Are you ready?

Jikapun benar Soleh bisa bepergian kemanapun di dunia ini dalam sekejap mata, ada fakta yang tak bisa terbantahkan ketika ia mengaku Sholat Jum’at di Mekah. Time Zones! Bukan tempat main game. Time Zones yang dimaksud disini adalah Perbedaan Zona Waktu Dunia. Soleh yang tinggal di sebuah daerah sekitar Jakarta, Indonesia tidak mungkin bisa Sholat Jum’at di Mekkah pada saat yang sama dengan waktu sholat Jum’at di Indonesia. Perbedaan lokasi Negara Indonesia dan Arab Saudi menyebabkan perbedaan waktu 4 jam. Saat di Indonesia sudah masuk waktu Sholat Jum’at di Mekah sana masih sekitar pukul 8 pagi. Soleh yang mengaku bisa pergi kemanapun di dunia ini dalam sekejap mata, atau dalam istilah sci-fi nya Teleporter itu tak akan mungkin bisa sholat Jum’at di Mekah karena dia masuk kamar tepat saat waktu Sholat Jum’at di Indonesia dimulai dan keluar saat sholat Sholat Jum’at di Indoesia selesai.

Tentu akan lain cerita jika Soleh mengaku sebagai Penjelajah Waktu atau Time Traveler. 🙂

 
1 Comment

Posted by on July 15, 2012 in Detective, Story

 

Tags: , , , , ,

One response to “Teka-Teki Sholat Jum’at di Mekah (File Jawaban)

  1. Dewi

    January 14, 2013 at 8:13 pm

    Ya jelas aja dia boong, gimana caranya dia bisa solat jumat di waktu yg sama n selesai jg di waktu yg sama wong perbedaan waktu antara Indosesia n Mekah aja da berapa jam ? Gak usah capek2 nyari jawabannya itung aja waktunya. Sebaiknya kita jangan mau di bohongin oleh hal2 yg tidak logika. Islam tidak sulit tapi jangan juga kita mempermudahnya. Wass

     

Leave a Reply

 
